Senin, 26 September 2016

Takut Gemuk lantaran Keturunan Gemuk -

green coffee siap saji

Takut Gemuk lantaran Keturunan Gemuk -

 Saya mahasiswi, berusia 19 th.. Saya anak ke-2. Kakak saya lelaki berumur 21 th., gemuk sekali. Hingga saat ini masihlah belum gemuk, namun saya dihantui rasa takut gemuk lantaran ke-2 orang-tua saya gemuk. Saya tidak tahu apakah ini lantaran aspek keturunan atau lantaran rutinitas makan kami sekeluarga. Ibu pintar memasak masakan yang enak-enak, mengakibatkan kami semuanya makan banyak. Walau kami sekeluarga juga berupaya olahraga pada hari Sabtu serta Minggu, namun kami termasuk keluarga gemuk. Bapak beratnya nyaris 100 kg, ibu 68 kg, kakak saya 81 kg, walau sebenarnya tinggi tubuh kami rata-rata saja. Berat tubuh saya sendiri masihlah 47 kg, namun dalam th. paling akhir ini ada kecenderungan berat tubuh jadi tambah. Aktivitas saya hari-hari di samping kuliah yaitu mengajar les privat serta sekali satu minggu turut latihan musik. Saya tidak sering jajan, namun makan dirumah cukup banyak. Saya berupaya membatasi makan, namun ibu senantiasa menyarankan untuk makan semakin banyak lagi. Walau sebenarnya, saya tidak menginginkan gemuk. Saya kerap membaca kalau kegemukan kerap dihubungkan dengan beragam penyakit. Untuk saya, seseorang gadis memanglah yang lebih diprioritaskan yaitu tampilan. Tetapi, saya juga menginginkan tahu semakin banyak kaitan kegemukan dengan beragam penyakit. Diluar itu, telah pasti saya juga menginginkan mengerti langkah menghindar kegemukan itu. Saya menginginkan langsing serta sehat. Bisakah dokter menolong? (L di J) Jawaban Saya menghormati hasrat Anda untuk sehat serta tetaplah langsing. Kegemukan memanglah adalah satu diantara permasalahan kesehatan pada beberapa orang-orang kita. Kegemukan bisa dikelompokkan sebagai penyakit kronik, pemicunya cukup banyak. Kegemukan bisa tingkatkan resiko beragam penyakit, umpamanya diabetes melitus, masalah lemak, hipertensi, panyakit jantung, batu saluran empedu, penyakit sendi, serta penyakit kanker. Untuk menilainya kegemukan bisa dipakai beragam jenis langkah, umpamanya dengan rumus tinggi tubuh serta berat tubuh, pemilihan indeks massa badan (IMT), pemilihan rasio lingkar pinggul/lingkar pinggang, hingga pemilihan tidak tipis lemak perut. Untuk klasifikasi kegemukan bisa dipakai klasifikasi WHO, untuk lokasi Asia Pasifik beberapa ahli memakai klasifikasi WHO yang sudah dimodifikasi untuk populasi di lokasi ini. Klasifikasi itu bisa diliat pada tabel tersebut : Langkah mengkalkulasi BMI yaitu dengan berat tubuh (dalam kg) dibagi tinggi tubuh (dalam mtr.). Contoh berat tubuh 69 kg. Tinggi tubuh 1, 60 M. Jadi BMI yaitu 69 : (1, 60 kuadrat) 26, 9. Nah, Anda saat ini bisa mengukur BMI Anda, ibu, serta bapak Anda. Dalam pengelolaan kegemukan seringkali harapan pasien menginginkan berat tubuh turun secepat-cepatnya, walau sebenarnya dokter menyarankan penurunan berat tubuh dengan cara bertahap. Diluar itu, telah pasti beberapa aspek lain yang bisa menyebabkan penyakit harus juga dikendalikan. Terkecuali aspek resiko, juga butuh dinilai tingkat aktivitas jasmani. Agar bisa kurangi kegemukan telah pasti penyusunan makan adalah hal paling utama. Ini bisa digerakkan dengan beragam langkah, seperti berpuasa atau penyusunan diet. Dalam kurangi kegemukan dengan diet, komposisi makanan tetaplah mesti di perhatikan. Disarankan, penurunan berat tubuh tidaklah terlalu cepat, cukup 5 hingga 10 % kurun waktu 3 bln. sampai satu tahun. Bila sukses meraih berat tubuh dambaan tentunya baik, namun tidak butuh kecewa bila hal itu tidak terwujud. Tetapi, janganlah lupa sebaiknya aspek resiko lain, seperti desakan darah, Cholesterol, trigliserida, serta glukosa darah normal. Aktivitas jasmani mesti dikerjakan dengan teratur, bila bisa sehari-hari. Berolahraga 2 x satu minggu tidaklah memenuhi. Berolahraga simpel, umpamanya jalan kaki sepanjang 30 menit, bisa membakar 100 hingga 200 kilo kalori. Bila ini bisa digerakkan dengan teratur sehari-hari dalam periode panjang telah adalah aktivitas yang mensupport pemeliharaan berat tubuh. Bagaimana dengan obat penurun berat tubuh atau beberapa cara lain untuk menurunkan berat tubuh? Banyak obat serta langkah yang di tawarkan untuk menurunkan berat tubuh, namun janganlah lupa untuk memperhatikan faedah serta dampaknya. Janganlah sangat gampang yakin pada iklan atau kesaksian rekan. Obat atau langkah yang sukses pada rekan Anda belum pasti baik untuk diri Anda. Konsultasikanlah dengan dokter Anda bila memanglah dibutuhkan obat atau aksi medis untuk menurunkan berat tubuh. Saya terasa berat tubuh Anda belumlah jadi masalah. Jaga berat tubuh Anda dengan pola hidup sehat. Jaga makan serta perbanyaklah frekwensi aktivitas jasmani Anda. Telah pasti Anda juga menginginkan anggota keluarga lain dalam kondisi sehat. Anda bisa mendiskusikan dengan bapak, ibu, serta kakak Anda mengenai permasalahan kegemukan ini, serta mengulas langkah kurangi berat tubuh. Dr Samsuridjal Djauzi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar